Sebelum anda berusaha untuk membaca ini lebih jauh, saya anjurkan untuk membaca bismillah dan menguatkan mata anda agar tidak kelilipan karena tulisan tulisan di blog ini meruapakan tulisan hasil ekskresi otak yang gak karuuan dan saya pun gak tau punya otak apa enggak, serta jangan panik, maka berdoalah sebelum membaca hasil coretan iseng ini

Minggu, 07 September 2014

Person With Goal

Long time no post!

Baru lulus dari SMA, dan banyak hal yang akan aku ceritakan lagi di Blog ini.

Jadi, selama setahun ini, emang aku agak sibuk, sibuk sama banyak hal. Enggak, aku gak sibuk main Pokopang. Eh tapi main Pokopang emang salah ya? Yeeee.....

Belakangan ini emang aku lagi sibuk-sibuknya. Ngurus ini-itu dan latihan untuk ini-itu. Terutama masalah "Apa yang akan saya lakukan ketika sudah lulus SMA?" 


Pertanyaan seperti ini selalu ada di benakku selama setahun belakangan. Beberapa teman di kelas sudah punya tujuan akan kemana. Mereka pun sudah punya pilihan Universitas yang mereka idam-idamkan sejak masuk SMA. Sementara aku masih bingung, luntang-lantung mau kuliah dimana. Aku yang notabene bercita-cita menjadi seorang Perwira Pelaut pun akhirnya tetap milih Universitas untuk jalur SNMPTN secara random. Iya Random.

Jadi gini ceritanya.... 
Aku bercita-cita menjadi seorang Perwira Pelaut. Tidak harus kuliah memang. Karena masuk Akademi Angkatan Laut pun setelah lulus akan bergear S1 Sarjana Pertahanan. 

Kebingunganku bermula ketika pembimbing BK mulai men-sosialisasi-kan SNMPTN ke kelasku. Dengan semangat teman-temanku mendengarkan. Aku juga semangat juga keleus serius! 

Paragraf demi paragraf Bu Ambar (nama guruku) lontarkan. Beliau cerita mengenai masa depan kita dimulai dari sini. Dari awal kuliah kita dan jurusan apa yang kita ambil. Walaupun tidak semua orang bekerja sebagai mana jurusan mereka. Banyak juga yang gak sesuai sama jurusan mereka. Tapi, paling tidak pilihan ini sangat berpengaruh untuk masa depan nanti. 

Gak sengaja juga aku dengar percakapan teman-teman yang duduk dekat bangku ku. Aku dengar percakapan dari Kiky dan Riska. Kalo gak salah sih begini

Kiky: "Rasanya aku masih bingung mau pilih Universitas mana, aku maunya sih ITS tapi aku masih takut gak diterima"

Riska: "Jangan takut, Kita coba aja kesempatan ini"

Tiba-tiba percakapan mulai agak ngawur

Kiky: "Dicoba aja ya? Tapi buat aku masa coba coba. Emangnya minyak telon"

Yaaa gitulah yaaaa....

***

Memilih Prodi dengan random memang bukan keputusan yang bijak. Saat melihat banyak teman bingung dan curhat sana sini minta bantuan dan saran dari teman, aku melihat mereka memilih dan mempertimbangkan sebuah kehati-hatian. Tapi kalo masalah kayak gini, emang paling enak ceritanya sama Orang Tua.

Walaupun aku tau, Orang Tua ku mesti bilang semua terserah sama aku. Paling  gak basa-basi biar akrab gitu. hehehe.....

Me: "Yah, Aku bingung mau kuliah dimana? Aku masih mau jadi perwira AL"

Ayah: "hmmm"

Me: "Yaaaa, paling gak Ayah kasih saran lah"

Ayah:"Semua terserah kamu. Tapi Ayah harapkan kamu fokus sama satu hal aja. Jadikan prioritas dan perjuangkan sampe kamu capai itu. Jadilah a Person With Goal. Seseorang dengan tujuan! Semua Ayah serahkan sama kamu, Lih. Kamu uda gede"

Jawaban yang selayaknya seorang Ayah kepada Anaknya.

***

Bu Ambar tanya, Universitas dan jurusan mana yang aku pilih. Enggak. Aku enggak ambil jurusan Surabaya-Malang. Diluar dugaan bu Ambar, aku memilih Prodi IPS semua dan dari Universitas Airlangga. Secara matematis, emang agak sulit peluang untuk masuk di UNAIR IPS sementara aku sendiri IPA. Walaupun emang masih ada kesempatan sih.
 
 Memilih IPS bukan karena aku furstasi bingung pilih apa. Tapi emang karena aku suka Prodinya. Walaupun sebenernyaTujuan utama ku tetap Perwira AL. Semua harapan dan do'a aku tujukan untuk yang terbaik

Saat Hari-H pengumuman, dan aku baca bahwa aku tidak masuk SNMPTN. Tidak aja wajah sedih tergambar dari aku. Hanya ada wajah yang agak tua karena emang wajahku boros. Puas?

Saat tau memang aku gak pingin kuliah, aku jadi sadar untuk berjuang demi apa. Demi siapa. Dan untuk apa. Aku akan fokus pada satu hal yang paling aku inginkan, meskipun tidak menutup kemungkinan akan berubah. Tapi tiap kali itu berubah, aku akan tetap perjuangin sampai tercapai.

Karena aku, A Person With Goal!
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komen kamu buat saya lebih rajin menulis